Sabtu, 21 Maret 2015

Anggun: Tunjukkan Indonesia Bukan Hanya dengan Batik



Sebagai seorang penyanyi yang telah berjaya di jagat internasional, Anggun Cipta Sasmi tidak melupakan asal-usulnya yang berasal dari Indonesia. Oleh sebab itu, selama dirinya berkarier di luar negeri, Anggun mengaku tidak pernah menanggalkan identitasnya sebagai orang Indonesia.

Anggun mengaku, sebagai "perantau" yang bekerja dan tinggal di luar negeri, dia sama sekali tidak pernah mengalami tindakan diskriminasi. Sebab, dia tetap menjadi dirinya sendiri dan menunjukkan siapa sebenarnya dirinya kepada publik mancanegara. 

"Aku tidak pernah didiskriminasi. Justru orang-orang lihat aku unik. Aku juga tidak pernah mencoba menjadi orang lain. Makanya, dulu aku mulai dari world music, sebisa mungkin aku tunjukkan siapa aku. Menunjukkan diriku adalah orang Indonesia bukan hanya lewat batik, karena semua orang bisa pakai batik," ujar Anggun di sela-sela jumpa pers Asia's Got Talent di Hotel Mandarin Oriental, Kamis. batik betawi

Lalu, bagaimana sesungguhnya Anggun menunjukkan dirinya sebagai orang Indonesia? Ternyata, dalam menciptakan lagu, Anggun menampilkan lirik yang menonjolkan nuansa Indonesia, khususnya Jawa. "Aku nulis lagu dan lirik yang Jawa banget. Nuansanya kan jadi unik," imbuh Anggun.

Anggun, yang kini menjadi juri di ajang pencarian bakat Asia's Got Talent mengungkapkan, ketika kali pertama menginjakkan kaki di luar negeri untuk meniti karier, dia harus meninggalkan karier dan popularitas yang telah berada di titik puncak di Tanah AIr.  sudah Namun, tetap saja, sesampainya di Paris, Anggun harus memulai segalanya lagi dari nol. 

"Dulu waktu meninggalkan Indonesia aku sudah bikin enam album, sering tur, tapi di sana aku enggak ada apa-apanya. Di sana mulai lagi dari bawah. Cambukan aku disitu. Aku sadar menyanyi saja tidak cukup, tapi harus punya dunianya. Penyanyi memang banyak, makanya aku menulis lagu. Aku bilang, kalau mau tahu aku, dengar laguku dan baca lirikku," terang Anggun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar